Business

Senin, 24 Oktober 2016

Bisakan Seks Oral Membuatmu Terkena Kanker?

Bisakan Seks Oral Membuatmu Terkena Kanker?
Di tahun 2013, aktor Hollywood kenamaan Michael Douglas membuat pengumuman mengejutkan yang mengatakan bahwa dia terkena kanker tenggorokan. Bintang berusia 72 tahun ini mengatakan bahwa ia tertular virus papilloma (HPV) melalui seks oral yang kemudian memicu terjadinya kanker tersebut.


Sebenarnya hingga saat ini masih menjadi perdebatan di dunia kesehatan apakah hal tersebut benar adanya. Namun sebuah penelitian yang dirilis oleh Canadian Cancer Society menemukan bahwa tingkat kanker oral termasuk kanker mulut atau tenggorokan karena HPV meningkat di kalangan para pria. 

"HPV adalah virus yang umum terjadi bagi pria dan wanita yang aktif secara seksual. Dalam banyak kasus, virus ini bisa hilang dan tidak menimbulkan masalah kesehatan. Namun HPV bisa membahayakan kesehatan jika kamu melakukan seks oral pada lebih dari 4 orang sepanjang hidupmu atau kamu melakukan hubungan seks di usia dini (di bawah 18 tahun," jelas penelitian ini.

BACA JUGA: Hati-hati Kerja Lembur Bikin Wanita Rentan Kena Kanker Payudara

"Ketika kanker ini terdeteksi sejak dini, pasien masih memiliki harapan hidup 80%-90%. Inilah sebabnya perlindungan dini dari HPV sangat disarankan seperti melakukan vaksin HPV atau melakukan hubungan seks secara aman dengan tidak berganti-ganti pasangan."

0 komentar :

Posting Komentar