Business

Selasa, 22 November 2016

Jika Anda Susah Tidur Jangan Ketergantungan Dengan Obat, Caranya Berpikirlah Positif

Jika Anda Susah Tidur Jangan Ketergantungan Dengan Obat, Caranya Berpikirlah Positif
Insomnia atau kesulitan tidur kini menjadi masalah yang banyak dialami masyarakat urban. Faktor stres dan kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji menjadi salah satu penyebabnya.


Sebagian orang memilih mengatasi kesulitan tidur dengan mengonsumsi obat-obatan. Sayangnya, menurut dokter spesialis saraf dan neurologi dari RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Astuti, obat-obatan untuk insomnia tidak bisa dikonsumsi jangka panjang karena bisa mengganggu siklus tidur seseorang.

"Kalau solusinya obat tidur maka siklus tidur menjadi terganggu dan makin nggak bisa tidur. Makin merasa cemas dan ketagihan, nggak bisa tidur kalau nggak minum obat," ujar dr Astuti pada diskusi media bertema Insomnia di Jakarta, Jumat (18/11/2016).

Ia pun memberikan tips sederhana agar seseorang bisa mengatasi keluhan insomnia. Caranya cukup sederhana, berpikirlah positif !.

"Harus positif, kalau mikir nggak bisa tidur dia bakal nggak bisa tidur. Jadi santai saja, jangan lupa berdoa karena yang menidurkan kita kan Tuhan. Minta agar dimudahkan untuk mendapat tidur berkualitas," tambah dia.

Ada pula beberapa kebiasaan yang sebaiknya tidak dilakukan sebelum tidur untuk mencegah insomnia, antara lain mengonsumsi kopi, teh, cokelat, alkohol, merokok atau menggunakan obat-obatan terlarang.

BACA JUGA: Bos Facebook Siap Untuk 'TINDAK' Setiap Berita Palsu Yang Muncul di Kabar Berita

"Kamar juga jangan dipakai untuk kerja, chatting, atau nonton televisi. Harus disiapkan untuk tidur dan usahakan jangan taruh banyak barang di kamar sehingga tidur juga lebih nyaman. Kalau perlu setel musik yang sifatnya menenangkan," pungkas dia. 

0 komentar :

Posting Komentar