Business

Kamis, 24 November 2016

Ternyata Mengkonsumsi Tofu Secara Berlebihan Beresiko Adanya Efek Samping

Ternyata Mengkonsumsi Tofu Secara Berlebihan Beresiko Adanya Efek Samping
Kita semua tahu bahwa tofu atau tahu sutra merupakan sumber protein nabati yang lezat. Bahkan bagi vegetarian, tofu disebut-sebut memiliki asupan gizi setara konsumsi daging.


Dibalik nutrisnya yang tinggi, banyak dari kita yang tak menyadari bahwa mengonsumsi tofu juga memiliki efek samping. Berikut adalah beberapa efek samping dari mengonsumsi tofu secara berlebihan, seperti dilansir laman Zeenews.

1. Kanker payudara
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition mengatakan bahwa konsumsi berlebihan sumber kedelai seperti tahu dapat meningkatkan risiko kanker. Kedelai mengandung isoflavon yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

2. Batu ginjal
Konsumsi tofu secara berlebihan dapat menyebabkan batu ginjal karena mengandung jumlah senyawa oksalat yang bertanggung jawab untuk terjadinya penyakit ini. Oksalat yang masuk dari mengonsumsi tofu akan diserap tubuh, lalu diekskresikan ke dalam urin dan tidak dapat dimetabolisme sehingga memicu batu ginjal.

3. Masalah tiroid
Produk kedelai seperti tofu mengandung isoflavon yang dapat mempengaruhi fungsi tiroid. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Thyroid mengatakan bahwa konsumsi produk kedelai dapat meningkatkan risiko mengembangkan hipotiroidisme atau gondok.

BACA JUGA: Ketika Punya Pasangan Sekantor, Ini Tips Agar Hubungan Tetap Mesra dan Awet

4. Asma
Jika Anda memiliki masalah pernapasan seperti asma, maka batasi konsumsi tofu. Konsumsi berlebihan produk kedelai seperti tofu dapat meningkatkan kadar lendir di tenggorkkan yang dapat menyebabkan masalah seperti batuk, dan asma.

0 komentar :

Posting Komentar