Business

Rabu, 28 September 2016

Awas, Toilet Umum Bisa Jadi Media Penularan Virus Penyebab Kanker

Awas, Toilet Umum Bisa Jadi Media Penularan Virus Penyebab Kanker
Secara tak disadari hampir setiap hari kita menggunakan toilet umum, baik di kantor, mal atau di sarana transportasi. Seringkali toilet umum ditemukan dalam kondisi tak bersih, seperti berair, hingga bau tak sedap.


Selain tak nyaman, kondisi ini juga bisa memicu penularan berbagai penyakit. Menurut Prof. Dr. dr. Andriyono SpOG (K), toilet umum yang jorok dapat menjadi media penularan bagi virus Human Papillomavirus (HPV) yang menjadi penyebab kanker serviks, kanker penis, kanker anus hingga kanker vagina.

"Virus HPV ini menular melalui seks bebas dan kotoran. Jadi kalau di permukaan toilet ada virus HPV-nya ya bisa menular ke pemakai toilet selanjutnya," ujarnya pada temu media 'Indonesia Bebas Kanker Serviks' di Jakarta, Selasa (27/9/2016).

6 Manfaat Menakjubkan Tidur Siang bagi Pekerja Kantoran
Andriyono menambahkan, dari 100 jenis tipe virus HPV yang ada, 19 tipe diantaranya dapat menyebabkan kanker. Di Indonesia, virus HPV yang paling banyak ditemukan antara lain tipe 16, 18 sebanyak 70 persen, ditambah tipe 52.

"Jadi ya kalau mau gunakan toilet umum pastikan toilet itu bersih. Siram dengan air kalau basah lalu dikeringkan menggunakan tisu. Atau lebih aman lagi pakai cairan antiseptik untuk membersihkan permukaan toilet," tambahnya.

Selain itu sebagai langkah pencegahan, Andriyono menganjurkan penggunaan vaksin HPV yang diyakini efektif menghalau infeksi virus HPV penyebab kanker. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, vaksin HPV dianjurkan untuk diberikan pada anak perempuan usia 9-13 tahun.

BACA JUGA: Hati-hati , Bahaya Tidur Dengan Mulut Terbuka

"Karena pada usia tersebut imun tubuh anak sangat bagus, sehingga pemberiannya cukup 2 dosis. Kalau dewasa, di atas usia tersebut butuh pemberian vaksin hingga 3 dosis agar hasilnya maksimal," pungkasnya. 

0 komentar :

Posting Komentar