Business

Jumat, 09 September 2016

Ini 5 Jenis Kanker Yang Paling Sering Menyerang Tubuh Pria

Ini 5 Jenis Kanker Yang Paling Sering Menyerang Tubuh Pria
Kanker merupakan penyakit yang membahayakan karena bersifat membunuh. Datangnya kanker pun tidak bisa diprediksi dan terkadang sudah menyebar ke banyak organ tubuh. Meski wanita berisiko tinggi untuk terkena kanker, namun pria lebih memiliki risiko besar untuk meninggal akibat kanker dibandingkan dengan perempuan.



Berikut adalah daftar penyakit kanker yang banyak menyerang pria seperti dilansir dari medicaldaily.com.
  • Kanker prostat
Kanker prostat menduduki peringkat nomor dua sebagai jenis kanker yang paling banyak membunuh pria. Kanker prostat dimulai ketika sel-sel kelenjar prostat mulai tumbuh tak terkendali. Hampir semua jenis kanker prostat adalah adenocarcinoma atau berkembang dari sel kelenjar. Mereka yang berisiko tinggi untuk terkena jenis kanker ini adalah yang memiliki riwayat keluarga sebagai penderita kanker, terlalu banyak mengonsumsi junk food, mengalami obesitas, dan perokok.
  • Kanker paru-paru
Kanker paru-paru adalah pembunuh nomor satu. Sekitar 14% perokok berisiko tinggi untuk mengembangkan penyakit ini.

Kanker paru-paru ditandai dengan pertumbuhan sel abnormal di paru yang tak terkendali dan kemudian mengganggu fungsi paru. Cara terbaik untuk mencegah kanker paru-paru adalah sebisa mungkin untuk tidak merokok dan menghindari asap rokok.
  • Kanker usus besar
Kanker usus besar menduduki peringkat ketiga sebagai kanker pembunuh pada pria. Kanker usus besar berasal dari rektum, bagian usus besar yang paling dekat dengan anus. Sel kanker ini kemudian terus tumbuh dan membelah. 

Pria dengan usia 21 tahun sangat berisiko tinggi untuk terkena kanker usus besar. Selain itu pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, konsumsi junk food, dan konsumsi minuman beralkohol turut meningkatkan risiko untuk terkena kanker usus besar.
  • Kanker kandung kemih
Kanker kandung kemih merupakan jenis kanker keempat yang paling banyak menyerang pria. Biasanya 9 dari 10 penderita kanker adalah mereka yang berusia lebih dari 55 tahun. 

Sel kanker kandung kemih dapat menyebar melalui lapisan di dalam dinding otot kandung kemih. Sedangkan kanker kandung kemih invasif dapat menyebar ke kelenjar getah bening, organ lainnya di panggul, atau organ lain dalam tubuh seperti hati atau paru-paru.
  • Kanker kulit
Kanker kulit adalah jenis kanker yang paling umum menyerang tubuh pria. Pria dengan usia di antara 15 hingga 39 tahun berisiko 55% untuk terkena jenis kanker ini dibandingkan wanita.

BACA JUGA: Jika Miss V Berdarah Setelah Bercinta , Ini 7 Penyebabnya

Kanker kulit timbul karena perkembangan sel abnormal di sel kulit akibat paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu penggunaan krim tabir surya menjadi cara sederhana nan terbaik untuk menghindari kanker kulit.

Memiliki pemahaman yang baik tentang kanker adalah cara terbaik untuk mengurangi risiko terinfeksinya tubuhmu. Pemahaman sejak dini juga bisa meminimalisir kematian akibat kanker.



0 komentar :

Posting Komentar