Business

Sabtu, 24 September 2016

Penyakit Ini Incar Perempuan Perokok yang Konsumsi Pil KB



Risiko penyakit jantung memang lebih tinggi pada laki-laki dibandingkan perempuan. Hal ini karena perempuan memiliki hormon estrogen lebih besar yang melindunginya dari risiko penyakit tersebut.

"Kemungkinan perempuan kena penyakit jantung ketika masih haid itu 1 banding 7 pada laki laki, karena perempuan memiliki hormon estrogen. Tapi ketika menopause risikonya sama tingginya dengan laki-laki," ujar Prof. dr Ganesja M. Harimurti, SpJ, dari Siloam Hospital Kebon Jeruk pada temu media di Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Namun, rendahnya risiko mengidap penyakit jantung tak berlaku jika perempuan melakukan kebiasaan merokok saat periode mengonsumsi pil KB. Sehingga pada kondisi ini, perempuan memiliki risiko yang tinggi, seperti laki-laki, untuk mengidap penyakit jantung.

"Merokok dapat memicu pembuluh darah mengecil, sedangkan pil KB memicu pengentalan darah, sehingga risiko terjadinya serangan jantung sangat tinggi," tambahnya.

Sementara itu dr. Maizul Anwar, SpB(K) TKV dari Siloam Hospital Kebon Jeruk memaparkan beberapa keluhan yang harus diwaspadai sebagai serangan jantung. Biasanya saat mengalami serangan, seseorang akan mengalami nyeri di bagian dada seperti ditindih beban berat atau ditusuk-tusuk.

"Apalagi kalau disertai keringat dingin dan sesak napas, harus dicurigai ada serangan penyakit jantung koroner," imbuhnya.

BACA JUGA: Sungguh Seram, Jalanan Ini Bisa Menghilang Dua Kali Dalam Sehari

Namun tak seperti penyakit lain di rongga dada, serangan jantung, tambah Maizul, akan hilang dalam beberapa menit setelah seseorang berhenti beraktivitas. Sedangkan penyakit rongga dada lainnya akan timbul lebih lama.

"Kalau serangan biasanya muncul saat seseorang beraktivitas. Setelah istirahat, gejala serangan hilang. Tapi ini untuk kasus serangan yang tergolong ringan," pungkasnya.



0 komentar :

Posting Komentar