Business

Kamis, 18 Agustus 2016

Apakah Kalian Sering Merasa Ditindih 'Hantu' Saat Tidur? Ini Penyebabnya

Apakah Kalian  Sering Merasa Ditindih 'Hantu' Saat Tidur? Ini Penyebabnya
Pernah mengalami tindihan saat tidur? Tenang, kamu nggak sendirian. Hampir setiap orang pernah mengalami hal yang sama berkali-kali dalam hidupnya. Banyak yang mengaitkan fenomena ini dengan aktifitas makhluk gaib seperti 'didudukin jin' dan sebagainya. Tapi ternyata itu hanya mitos!


Tindihan adalah kondisi dimana seseorang terjaga dari tidurnya namun anggota tubuh tidak bisa digerakkan disertai rasa sesak dan sulit berteriak. Secara ilmiah, fenomena ini lebih dikenal sebagai Sleep Paralysis atau tidur lumpuh. Kondisi ini disebabkan oleh kegagalan tubuh dalam mengurutkan fase tidur. Jika normalnya, proses tidur terdiri dari empat fase, yakni:

  • Fase mengantuk atau setengah sadar
  • Fase mulai tertidur dalam
  • Fase tidur lebih lelap
  • Fase Rapid Eye Movement (REM) atau biasa disertai mimpi

Nah, orang yang mengalami tindihan melakukan lompatan fase dari kondisi setengah sadar langsung ke fase Rapid Eye Movement. Akibatnya, saat otak memberi sinyal sadar, kamu terbangun tetapi tubuh masih 'tertinggal' dalam kondisi tidur dan tidak bisa digerakkan seperti tertindih. Biasanya hal demikian terjadi karena tubuh sangat lelah dan kurang tidur, sehingga gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Stres, perubahan pola tidur, dan pengaruh obat juga bisa menjadi penyebab lainnya.


Jika ini terjadi padamu, jangan panik, menggerakan jempol kaki dan mengepalkan tangan bisa mempermudah bagian tubuh lainnya untuk bergerak. Jika sudah berhasil, jangan langsung kembali tidur karena kamu kemungkinan besar akan mengalami tindihan lagi. Segera bangun, cuci muka dan minum air putih terlebih dahulu agar tubuhmu rileks.

BACA JUGA: Menyedihkan, Bayi Mengalami Koma Hampir 1 Tahun Akibat Disiksa Pacar Ibunya

Jadi mulai sekarang jangan takut kalau kena Sleep Paralysis ya. Itu bukan berarti kamu ketindihan hantu kok, hanya pola tidurmu yang belum benar.

0 komentar :

Posting Komentar