Business

Rabu, 17 Agustus 2016

Ternyata Bukan PSK, Penderita HIV Tertinggi di Kota Ini Adalah Buruh Pabrik

Ternyata Bukan PSK, Penderita HIV Tertinggi di Kota Ini Adalah Buruh Pabrik
Pekerja seks komersial (PSK) identik dengan tingginya risiko tertular HIV. Namun di Kota Batam, Kepulauan Riau, kelompok pekerjaan tertinggi terinfeksi virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh bukan PSK, melainkan karyawan dan buruh pabrik.


Dilaporkan setidaknya ada 641 kasus HIV di Batam dan 163 orang adalah pekerja pabrik. Ibu rumah tangga menempati posisi kedua dengan jumlah 114. Selanjutnya PSK 87 orang.

Untuk menangani kasus ini, Dinas Kesehatan Kota Batam tak tinggal diam dengan menggalakkan penjaringan orang serta penyuluhan di kalangan karyawan pabrik.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kota Batam, Sri Rupiati mengatakan, "Dari seluruh penduduk Kota Batam, ada 63 persen yang bekerja di pabrik."
"Kami pun telah memiliki MOU (nota kesepahaman) dengan 70 perusahaan di Batam untuk mengedukasi karyawannya tentang upaya pencegahan HIV AIDS," lanjutnya.

BACA JUGA: Malang, Gadis 14 Tahun Dipaksa Agar Berhubungan Seks Dengan 288 Pria

Upaya pencegahan penyebaran HIV ini juga didukung penuh oleh salah satu perusahaan di Batam, PT McDermott. Mereka meminta agar karyawannya yang 90 persen laki-laki bersedia mengikuti program edukasi terkait HIV.

Medical Service Maneger PT McDermott Indonesia, Dokter Maryanti mengatakan, "Kami pernah melakukan edukasi maupun penyuluhan tentang HIV/AIDS pada saat tool box safety meeting di 58 titik. Di sela-sela meeting tersebut, kami manfaatkan untuk mengedukasi tentang ini.

0 komentar :

Posting Komentar